Bos Baru Mitsubishi Indonesia Ingin Mobil Baru Produksi Cikarang

Bos baru Mitsubishi Indonesia ingin produk yang mereka jual semuanya diproduksi secara lokal. Dok Medcom.id

Jakarta: Naoya Nakamura akan menggantikan Kyoya Kondo sebagai Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Sejumlah target juga sudah dipersiapkan untuk suksesor begawan MMKSI Indonesia tersebut.

Nakamura akan menggantikan Kondo di saat kondisi Mitsubishi Indonesia sedang bagus domestik maupun global. Catatan data penjualan secara wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, pabrikan berlogo tiga berlian itu sudah menjual 100.122 unit.

Hasil ini membuat Mitsubishi menjadi pabrikan nomor dua di Indonesia, di bawah Toyota dan menggugguli Daihatsu dan Honda. Sedangkan di global, Indonesia menjadi pasar terbesar mengalahkan Tiongkok dan Amerika Serikat.

“Saya diminta manajemen Mitsubishi Motors Corp (MMC) untuk meningkatkan bisnis kendaraan penumpang Mitsubishi di sini menjadi lebih baik lagi, dengan dasar kesuksesan yang sudah dibangun oleh Kondo,” ujar Nakamura di Sportstube Jakarta.

Salah satu rencana untuk meningkatkan penjualannya adalah dengan menambah lini produk yang ditawarkan Bahkan dia juga sudah memiliki rencana pabrik di Cikarang, Jawa Barat, memproduksi mobil baru lainnya.

“Sebelum ke Jakarta, saya ke Tokyo dahulu dan menjalani banyak rapat dengan manajemen. Satu yang bisa saya katakan, kami akan meluncurkan produk baru yang dirakit di pabrik kami di Indonesia,” ujar Nakamura.

Sayangnya dia tidak bisa memberberkan model yang akan dirakit di Indonesia. Apakah model mobil keluarga, SUV, atau model lainnya.

Saat ini pabrik Mitsubishi di Cikarang baru memproduksi Xpander, beberapa varian Pajero Sport, kendaraan niaga ringan L300 dan T120SS. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai bos Mitsubishi Rusia ini inginkan pabrik di Cikarang juga kompetitif dibandingkan pabrik Mitsubishi di belahan negara lainnya.

Pabrikan

(UDA)