Intip Keindahan Nash-Healey Le Mans Coupe klasik

Nash-Healey Le Mans Coupe 506 klasik tahun produksi 1953. Carscoops

Amerika Serikat: Membuat mobil yang diproduksi dari hasil kolaborasi beberapa produsen otomotif bukanlah hal baru. Kerja sama seperti ini bahkan sudah ada sejak era 1950 an.

Seperti dilansir Carscooops, Nash-Healey Le Mans Coupe 506 klasik tahun produksi 1953 dibuat oleh Pininfarina ini salah satu contohnya. Menarik, sasis coupe klasik dibuat di Inggris, mesin di Wisconsin, dan bodywork di Turin. 

Usaha patungan antara produsen Amerika dan Inggris pada awal 50-an tersebut hanya memproduksi 50 unit coupe. Ini adalah edisi Le Mans yang langka, dibuat untuk merayakan podium akhir kerjasama pada lomba ketahanan Prancis yang terkenal di 1952.

Healey mengusung mesin 4.1-liter Dual Jetfire straight six dibangun oleh Nash Motors, dengan overhead valves, aluminum header, dan karburator ganda. 

Healey jga dilengkapi chassis ladder frame, di mana Pininfarina meletakkan cangkang bajanya dengan kap aluminium dan bagasi. Pada zamannya itu luar biasa mahal. 

Healey ini telah menghabiskan perjalannya di California, dan diyakini telah menempuh jarak sekitar 33.866 mil. Sekarang 65 tahun berlalu, mobil klasik ini klasik langka akan dijual di lelang Mecum, di Dallas, Amerika Serikat (AS).

(UDA)