Perluasan Jaminan, Wajib Buat Mobil di Area Rawan Bencana

Jakarta: Bencana alam gempa bumi, tsunami dan lumpur likuifaksi yang melanda Palu dan Donggala, tidak hanya menimbulkan korban jiwa. Namun juga korban materil yang sangat besar. Termasuk dari sisi kepemilikan kendaraan seperti mobil dan motor.

Lalu ada yang menanyakan tentang apakah kerusakan atau kehilangan mobil karena dampak bencana alam itu dijamin oleh asuransi? jawabnya tentu saja. Tapi dengan syarat adanya perluasan jaminan yang artinya memperluas jangkauan asuransi terhadap jenis kehilangan atau kerusakan akibat bencana alam tersebut.

Berkaitan dengan asuransi, tentu akan penting di saat ada kejadian yang menuntut kendaraan butuh biaya besar. Misalnya untuk korban bencana alam seperti banjir, atau gempa bumi yang mengakibatkan kendaraan tertimpa bangunan hingga rusak parah. Jika tidak dijamin oleh asuransi, maka Anda harus siap-siap mengeluarkan biaya sendiri.

“Kalau obyek asuransi seperti rumah dan mobil, itu harus ada perluasan jaminan. Karena ini tidak masuk dalam paket comprehensif atau TLO (total lost). Di dalam polisnya juga sudah disebutkan,” klaim Head of Communication & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto lewan pesan singkatnya.

Aturan yang disebutkan oleh Iwan terdapat dalam polis standar untuk asuransi kendaraan bermotor BAB II soal Pengecualian. Dalam pasal 3 ayat 3.3.2 disebutkan bahwa Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau  biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh akibat dari ditimbulkan oleh: gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya.

Namun dengan perluasan jaminan seperti untuk terjadinya tsunami, longsor, gempa bumi, banjir dan lainnya, maka apa pun kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam jenis ini, akan dijamin oleh asuransi.

Hal ini juga diiyakan oleh Chief Marketing Officer Adira Insurance, Wayan Pariama. Bahwa warga negara yang tinggal di wilayah rawan bencana alam seperti di atas, sebaiknya mulai mengambil paket perluasan jaminan asuransi. Mengingat ini akan sangat membantu jika mobil atau kendaraan Anda mengalami masalah karena itu.

(UDA)