Renault EZ-Ultimo Concept Siap Debut di Paris Auto Show

Renault EZ-Ultimo Concept. TopGear

Prancis: Pengembangan mobil dari masa ke masa selalu melihat akan kebutuhan masyarakat. Sedangkan salah satu kebutuhan yang mulai hadir saat ini adalah konsep kendaraan listrik otonom yang dapat berbagi kendaraan melalui aplikasi online.

Renault yang melihat akan kebutuhan ini mencoba menjawabnya dengan menghadirkan EZ-Ultimo. Model konsep ini sekaligus melengkapi keluarga EZ-GO dan EZ-PRO, yang rencananya debut di Paris Motor Show 2018, 4-14 Oktober mendatang.

Dilansir Carscoops, Renault menilai konsep mobil di masa depan adalah listrik, terkoneksi, dan otonom. Penciptaan Ultimo didasari ide yang sama pada dua mobil mereka sebelumnya, yakni sebagai solusi mobilitas listrik otonom yang bisa menampung banyak orang, seperti kendaraan umum yang bisa digunakan oleh Uber yang menawarkan konsep sharing-driving kepada pelanggan mereka.

Ultimo adalah konsep otonom Level 4, yang berarti dapat mengemudi secara otomatis. Secara teori, tidak dibutuhkan lagi peran manusia untuk mengendalikannya. Tapi tersedia pula fitur mengemudi di lingkungan tertentu. Berbagai elemen, seperti kondisi cuaca, membatasi penggunaannya.

Jika melihat desainnya EZ-Ultimo Concept dirancang memiliki gaya yang futuristik. Kemudian banyak jendela yang disediakan untuk meningkatkan visibilitas, termasuk bagian atap yang di desain dengan kaca.

Secara keseluruhan mobil ini dapat menampung tiga orang penumpang dengan posisi duduk saling berhadapan. Kemudian untuk meningkatkan kenyamanan selama bepergian, mobil ini dilengkapi dengan teknologi otonom. Kabin Ultimo memiliki desain layaknya kepompong yang nyaman ditumpangi, dengan perpaduan bahan interior yang terbuat dari kayu, marmer, dan kulit.

(UDA)