Mulai 2020, Mesin Xpander Diproduksi Nissan Indonesia

Mulai 2020, mesin Xpander bakal diproduksi secara lokal oleh Nissan Motor Indonesia. Dok Medcom.id

Jakarta: Kolaborasi antar Mitsubishi dan Nissan untuk pasar nasional, akhirnya mulai terjadi. Mereka akhirnya sepakat untuk bekerja sama untuk produksi mesin. Yaitu mesin Xpander mulai 2020 akan diproduksi di pabrik Nissan Motor Indonesia.

Hal ini dibenarkan langsung oleh CEO Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko pada Rabu (3/10/2018) di Hotel Gran Melia saat menyatakan komitmen mereka untuk berinvestasi meningkatkan kapasitas produksi pabrik mereka di Indonesia di depan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

“Ya benar, nantinya mesin Xpander akan diproduksi oleh Nissan Motor Indonesia dan kami akan membeli dari mereka. Tentu dengan spesifikasi yang sudah kami tetapkan. Apakah mesin yang sama juga bakal dipakai di small MPV milik mereka nantinya, kami tidak bisa berbicara soal itu. Karena itu bukan urusan kami dan mereka juga tidak bilang apapun tentang itu,” klaim Masuko San.

Tentunya ini bukan kejutan besar, lantaran aliansi Mitsubishi secara global dengan NIssan, sudah terjadi sejak Mitsubishi menyatakan diri mengalami krisis finansial di Jepang. Hingga akhirnya mereka mampu bertahan dan bangkin di pasar Indonesia. Apalagi saat ini NIssan tak lagi berada di bawah perusahaan induknya terdahulu yaitu Indomobil Group.

“Dengan melokalisasi produksi mesin Xpander ke Indonesia, saya rasa menjadi solusi untuk membuat strategi harga yang lebih baik atau bisa kita bilang harga turun. Kalau soal harganya nanti turun ataukah ada sesuatu di mobil yang dibuat berbeda, itu nanti jadi urusan Mitsubishi Indonesia.”

Fakta terbaru tentang hal ini, membuat kandungan lokal untuk komponen di Xpander bakal mencapai 80 persen dari sebelumnya berada di angka 71 persen. Apakah ini bakal jadi momentum juga bagi Nissan untuk mulai melakukan perombakan besar untuk small MPV mereka yaitu Livina? Kita tunggu saja nanti.

(UDA)